Kamis, 15 November 2012

Ternak Lebah dan Madu Ternak


Madu Ternak | Pernah kah kita sadari bahwa lebah pun saat ini dapat di ternakan, mungkin kita sudah sering lihat di televisi bagaimana banyak orang yang beternak lebah untuk dapat menghidupi mereka. Tapi bagaimana prosesnya dan jenis lebah apa yang dapat diternakan mungkin sebagian orang belum mengetahui nya. Madu merupakan produk yang di hasilkan oleh lebah, dan ada banyak produk yang dapat dihasilkan oleh mahluk ini untuk dapat dikonsumsi oleh manusia baik sebagai suplemen dan sebagai bahan pengobatan yang berkhasiat bagi manusia. Produk selain madu tersebut dapat berupa propolis, lilin lebah. Lebah juga dapat dijadikan sebagai media pengobatan pasti orang pernah mendengar tentang pengobatan sengat lebah.


Madu Ternak
Saat ini ada beberapa jenis lebah yang ada didunia yang banyak berkembang di Indonesia adalah lebah apis dorsata dan lebah apis mellifera atau lebah unggul import sedangkan untuk lebah ternak local disebut apis cerana. Lebah apis dorsata banyak di temui di hutan hutan dimana mereka disebut juga dengan lebah liar karena mereka hidup pada dahan dahan atau pohon yang berada di hutan hutan Indonesia. Lebah ini dikenal menghasilkan produk madu hutan yang mempunyai beragam jenis, warna dan rasa tergantung dari pohon mereka membuat sarang. Sedangkan lebah apis mellifera banyak diternakan oleh peternak lebah dimana madu yang dihasilkan dikenal dengan madu ternak.

Untuk dapat melakukan Budidaya lebah madu harus dapat memelihara dan mengatur kehidupan lebah dan dilakukan melalui suatu tehnik tertentu sehingga mendapatkan produksi madu yang berkualitas untuk memperoleh pendapatan yang maksimal. Dengan mengadakan Budidaya lebah madu diharapkan akan menambah pendapatan masyarakat dari produksi lebah yang dapat berupa madu ternak, propolis, bee pollen, lilin, dan hasil lainnya. Selain itu juga dengan adanya budidaya lebah dapat membantu terjadinya penyerbukan bunga sehingga dapat meningkatkan berbagai jenis tanaman. Dengan dikembangkan nya budidaya ternak madu ini akan diperoleh banyak manfaat selain untuk menambah pendapatan dari hasil madu ternak murni juga dapat membantu proses penyerbukan bunga untuk dapat di manfaatkan di perkebunan perkebunan baik buah buahan maupun perkebunan bunga yang ada di Indonesia. Sebagai bahan referensi dapat mengunjungi alwadeyonline.com.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar