Rabu, 28 November 2012

Tips Seputar Beternak Lebah untuk Menghasilkan Madu Ternak yang berkualitas



MaduTernak | Dalam menjalankan usah ternak lebah banyak hal hal yang perlu di perhatikan sebelum memulai usaha ini. Untuk memulai usaha ini memang tidak diperlukan keahlian khusus, tetapi dalam hal mengelola ternak lebah perlu memperhatikan beberapa hal dasar sehingga usaha ini dapat berjalan dengan baik dan sukses sesuai harapan kita. Dalam usaha pembudidayaan lebah madu hal hal yang perlu dipersiapkan yaitu: Lokasi budidaya, kandang lebah modern atau sering disebut dengan stup, pakaian kerja dan peralatan.
Madu Ternak
Madu Ternak
Hal hal tersebut merupakan syarat yang utama yang harus yang dipenuhi dalam usaha budidaya lebah selain itu yang paling penting adalah memiliki seekor ratu lebah dan ribuan ekor lebah pekerja serta lebah jantan. Dalam satu koloni ternak lebah tidak boleh lebih dari satu ratu karena antar ratu akan saling bunuh untuk dapat memimpin koloni lebah.Hal yang perlu diperhatikan adalah masalah Lokasi untuk budidaya lebah madu. Lokasi yang paling cocok adalah di tempat terbuka jauh dari keramaian dan banyak tanaman bunga di sekitarnya sebagai makanannya, atau bisa juga mencari tempat tempat yang banyak perkebunan nya. Daerah ini dapat ditemui didaerah di pegunungan atau dataran tinggi. Persyaratan tersebut dapat mempengaruhi terhadap kualitas madu ternak yang dihasilkan oleh lebah.

Selain persyaratan yang telah disebutkan diatas, untuk dapat memulai jenis usaha ini memerlukan modal. Modal yang diperlukan untuk dapat memulai usaha beternak lebah madu adalah mengenai pengetahuan dasar dalam beternak lebah, dan juga berupa investasi modal tetap yang diperlukan dalam kegiatan budidaya lebah madu selama beberapa periode pemanenan termasuk alat-alat produksi dan koloni lebah madu dengan memiliki minimal 40 kotak sedangkan untuk kondisi idealnya adalah 100 kotak koloni lebah madu. Lebah  merupakan  salah  satu  jenis  hewan ternak  yang    berdarah dingin. Kenapa usaha beternak lebah bias menjadi pilihan usaha, ada beberapa pertimbangan mengapa masyarakat membudidayakan ternak lebah adalah pertimbangan produksi secara langsung dimana lebah dapat menghasilkan madu ternak, tepungsari, royal jelly, malam (lilin), zat perekat, dll dan juga secara tidak langsung membantu petani atau perkebunan dalam proses penyerbukan tanaman. Butuh informasi tentang madu silahkan kunjungi web alwadeyonline.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar